Langsung ke konten utama

UAS KAPITA SELEKTA SI/TI

1. Ceritakan dan narasikan Aktiifitas dan pengalaman saudara dalam masa (WFH) Work From Home dan Learning From Home (LFH) di masa Pandemic covid-19.


Tagar #dirumahaja yang marak digunakan dimasa pandemi COVID-19 ini bertujuan agar orang-orang tetap beraktivitas dirumah demi memutus rantai penyebaran COVID-19 yang semakin terus meningkat disetiap harinya. Hal ini membuat para pekerja dan siswa ataupun mahasiswa harus melakukan kegiatan mereka dari rumah secara online, yang sekarang orang-orang menyebutnya dengan istilah Work From Home (WFH) dan Learning From Home (LFH). Rupanya banyak sekali aktivitas yang dilakukan selama WFH dan LFH ini. Hal baiknya, saya sebagai mahasiswa semakin memiliki banyak waktu yang berkualitas di rumah karena adanya kebijakan kebijakan WFH dan LFH. Waktu ini saya gunakan untuk mengisi kegiatan yang positif juga untuk menghilangkan rasa bosan yang terus melanda hingga stress karena dikurungnya dirumah. Berikut ini aktivitas yang saya lakukan selama berada dirumah disaat pandemi
Olahraga. Dengan olahraga membuat kondisi kesehatan tetap terjaga. Saya melakukan olahraga bersama keluarga dipagi harinya seperti peregangan, jogging/ lari pagi secara berkala setiap hari, ataupun renang dikolam rumah sendiri. 
Melakukan Pekerjaan Rumah. Karena selama ini pekerjaan membersihkan rumah hanya dilakukan oleh Ibu atau ART. Sekarang, sayabisa melakukan pekerjaan rumah menggantikan ibu. Pekerjaan rumah masih banyak yang harus dilakukan salah satunya memasak. Dengan kegiatan memasak ini juga bisa menambah tingkat skill saya.
Kuliah Online. Sebagai kegiatan Learning From Home (LFH) saya melakukan pembelajaran secara daring sebagai pengganti pertemuan kuliah dikampus jika ada pertemuan tatap muka. Kuliah online ini dilakukan dari jam 8 pagi sampai 1 siang. Kegiatan LFH kuliah online ini bisa dilakukan melalui aplikasi zoom, google meet, dan classroom sesuai dengan keinginan dosen.
Mengerjakan Tugas. Bagi seorang mahasiswa seperti saya ini tentunya tugas kuliah masih tetap berjalan. Selama pandemi ini saya juga harus mengerakan tugas-tugas kuliah agar tidak menumpuk. Semakin banyaknya tugas yang menumpuk bisa membuat kita semakin frustasi. 
Membaca Novel. Diwaktu malam saat luang saya menyempatkan untuk membaca. Baik itu novel, komik atau buku buku menarik yang saya punya.

2. Ceritakan dan narasikan produktifitas dan peningkatan skill, kapasitas dan pengetahuan apa yang saudara peroleh selama WFH Dan LFH di masa Pandemic covid-19.


Dampak adanya pandemi COVID-19 ini dengan diberlakukan kebijakan social distancing semua orang berada dirumah menjadi lebih kreatif dan berinovasi. Dan juga adanya kegiatan Work from Home bukan berarti menjadi bermalas-malasan, tapi harus meningkatkan kemampuan diri. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa mengasah skill dan menambah pengetahuan dikala pandemi yang saya lakukan :
- Membaca buku. Untuk mengisi waktu luang, membaca buku dapat meningkatkan kecerdasan, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.
- Searching hal yang tidak diketahui. Dalam kuliah yang dilakukan secara online ini, terkadang membuat saya sulit untuk memahami materi - materi yang disampaikan oleh dosen, maka dari itu saya bisa meningkatkan wawasan sendiri dengan searching di google, youtube, ataupun media informasi yang lainnya.
- Mengikuti kursus online atau seminar online. Hal ini juga untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan juga mendapatkan berbagai materi yang menarik diluar kuliah.

3. Buatlah artikel ilmiah atau opini saudara bagaimana Teknologi informasi bermanfaat dalam menghadapi Pandemic covid-19 dan New Normal.

Teknologi informasi berperan penting bagi manusia sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan komunikasi akibat social distancing dan physical distancing di masa pandemi COVID-19. Dengan diterapkannya teknologi informasi dapat memudahkan manusia dalam berkomunikasi baik dari segi efisiensi waktu, biaya dan tenaga. Hikmah dari dampaknya COVID-19 menuntut semua masyarakat harus bisa menggunakan teknologi walaupun hanya sekedar video call saja, dan itupun hingga lanjut usia juga di tuntut untuk bisa menggunakan teknologi agar memudahkan dalam melakukan kegiatan selama pandemi dan apalagi sekarang ini sudah memasuki era New Normal. New Normal adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dan tetap mematuhi sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah di tetapkan. Memasuki masa New Normal setelah kebijakan stay at home atau work from home (WFH) diberlakukan kita diharapkan dapat mencegah penyebaran COVID-19 dengan menggunakan standar kesehatan yang ditetapkan. Sudah banyak teknologi yang bermanfaat pada masa pandemi ini yang bisa digunakan, diantaranya dalam bidang pendidikan. Pembelajaran online yang biasanya di lakukan dengan offline tatap muka kini dilakukan via online/ daring yang sekarang bisa menggunakan teknologi seperti zoom, google meet, classroom, whatsapp dan lainnya. Kemudian dalam bidang bisnis e-commerce jual beli ada banyak aplikasi belanja online seperti Shopee, Tokopedia, bli-bli dan lainnya yang pastinya sudah di sertai fitur pembayaran via transfer online. Hal ini juga memudahkan manusia yang ingin berbelanja tanpa harus keluar rumah sehingga dapat mengurangi adanya kontak fisik untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang semakin cepat. Selain itu juga ada dalam bidang kesehatan seperti menggunakan teknologi alat pendeteksi pasien terjangkit COVID-19 dan juga pendeteksi suhu tubuh.

4. Kirimkan tugas membuat jurnal yang sudah saudara buat pada tugas diperkuliahan 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktivitas Work From Home (WFH) dan Learning From Home (LFH) di Masa Pandemi COVID-19

Tagar #dirumahaja yang marak digunakan dimasa pandemi COVID-19 ini bertujuan agar orang-orang tetap beraktivitas dirumah demi memutus rantai penyebaran COVID-19 yang semakin terus meningkat disetiap harinya. Hal ini membuat para pekerja dan siswa ataupun mahasiswa harus melakukan kegiatan mereka dari rumah secara online , yang sekarang orang-orang menyebutnya dengan istilah Work From Home (WFH) dan Learni n g From Home (LFH). Rupanya banyak sekali aktivitas yang dilakukan selama WFH dan LFH ini. Hal baiknya, saya sebagai mahasiswa semakin memiliki banyak waktu yang berkualitas di rumah karena adanya kebijakan kebijakan WFH dan LFH. Waktu ini saya gunakan untuk mengisi kegiatan yang positif juga untuk menghilangkan rasa bosan yang terus melanda hingga stress karena dikurungnya dirumah. Nah berikut ini aktivitas yang bisa kalian contoh selama berada dirumah disaat pandemi Olahraga. Kondisi kesehatan sangat dibutuhkan di saat seperti ini. Dengan melakukan olahraga memb

Gejala Demam Berdarah dan Penyebab

Demam berdarah (disebut juga dengan demam dengue) menyebabkan suhu tubuh penderitanya menjadi sangat tinggi. Demam berdarah salah satunya ditandai dengan rendahnya kadar trombosit atau keping-keping darah dalam tubuh manusia. Dimana virus penyebab demam berdarah menyerang bagian sumsum tulang belakang. Pembentukan trombosit dihasilkan dari sumsum tulang ini. Kadar trombosit pada penderita demam berdarah umumnya kurang dari 100.000. Adapun kadar trombosit normal dalam tubuh manusia adalah 150.000-400.000 trombosit per mikro-liter darah. Rendahnya kadar trombosit ini mengakibatkan darah di dalam tubuh tidak mampu mempertahankan tingkat kekentalan normal, hal ini bisa sangat berbahaya. Gejala Demam Berdarah Demam berdarah disertai gejala seperti: Sakit kepala Suhu tubuh tinggi, bisa mencapai 41 derajat celcius (demam) Kehilangan nafsu makan ekstrem (bahkan terkadang tidak mau makan sama sekali) Sakit tenggorokan Nyeri sendi, otot, dan tulang Nyeri di bagian belaka

JURNAL [Analisis Kepuasan Pengguna Mobile Learning (MOLEN) Menggunakan Metode EUCS di Unipdu Jombang]

Analisis Kepuasan Pengguna Mobile Learning (MOLEN) Menggunakan Metode EUCS di Unipdu Jombang Aini Nur Izzatillah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang Email : ainiizzaa99@gmail.com Abstrak - Sejak adanya pandemi COVID-19 di negara Indonesia, berbagai cara dan upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menghindari terjadinya penyebaran virus Corona yang berkepanjangan di tanah air kita. Pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu upaya atau cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah. Penerapan Mobile Learning pada saat ini terbukti tidak hanya menjadi trend di dunia pendidikan . Mobile Lea r ning merupakan salah satu sistem pembelajaran online yang dimiliki oleh Unipdu Jombang. Mobile L e a r ning menjadi suatu kebutuhan yang mendukung terselenggaranya pembelajaran online dan memungkinkan kegiatan pembelajaran kapanpun dan dimanapun guna memudahkan mahasiswa dalam proses pembelajaran secara online . End User Computing Satisfaction (EUCS) adalah metode ya