Langsung ke konten utama

Kepribadian Introvert Buruk?? Baca Hal Penting Ini

Pribadi introvert seringkali dianggap negatif oleh orang-orang. Umumnya orang seringkali terburu-buru dalam menilai seseorang.

Padahal introvert bukanlah hal yang buruk, bahkan pribadi introvert memiliki beberapa kelebihan dibandingkan pribadi ekstrovert.
Gambar ilustrasi intovert
Pada dasarnya introvert maupun ekstrovert sama-sama saling melengkapi satu sama lain.
Jika ada yang mengatakan orang introvert itu anti-sosial, maka hal itu tidak benar. Sebenarnya orang introvert lebih suka untuk bersosialisasi, hanya saja umumnya orang introvert punya sifat malu yang tinggi.

Orang introvert ingin sebenarnya bergaul dengan banyak orang, hanya saja dirinya tidak mampu berada di tengah keramaian dalam waktu lama, berada di keramaian membuat energinya cepat terkuras.

Walaupun orang introvert lebih sering menyendiri untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang dinilai bermanfaat untuk dirinya, tapi orang introvert juga merasa senang saat bergaul dengan orang lain.

Sehingga tentunya berbeda antara orang yang introvert dengan anti-sosial.

Anti-sosial merupakan sebuah gangguan sehingga penderitanya perlu mengunjungi psikiater. Adapun introvert bukanlah sebuah penyakit kejiwaan.

Introvert merupakan style atau kecendrungan cara hidup seseorang. Dimana seorang introvert lebih suka melakukan pekerjaan dalam susasana hening dan tenang, adapun orang ekstrovert cenderung lebih memilih pekerjaan yang sifatnya berkelompok atau ramai.

Kelebihan orang introvert:
  • Orang introvert sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. Adapun orang ekstrovert cenderung sembrono.
  • Orang introvert dapat fokus dalam satu hal/kegiatan dengan sangat baik.
  • Orang introvert umumnya sangat handal dalam membuat rencana, dan memperhitungkannya secara matang.
  • Orang introvert sepertinya punya kreativitas yang tinggi, itu karena dirinya sangat sibuk dengan pikirannya sendiri.
  • Seorang introvert suka mengamati orang-orang di sekitarnya sehingga sangat ahli dalam menilai karakter seseorang.
  • Karena suka melakukan semuanya sendiri, introvert memiliki jiwa yang mandiri. Dirinya kurang suka bergantung pada orang lain.
  • Introvert adalah pribadi yang sangat hati-hati pada setiap tindakan yang ingin diambil, terbiasa membuat rencana secara matang, dan memandang hidup dengan serius.
  • Orang introvert hanya bicara seperlunya saja, berbeda dengan ekstrovert yang hobi berbicara dan seringkali tidak terkontrol.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa orang introvert cenderung lebih sering menggunakan lobus frontalis, itu merupakan bagian otak yang berfungsi dalam merencanakan, mengingat dan memecahkan masalah.

Orang introvert merasa lebih nyaman berbincang secara empat mata daripada berkumpul dengan banyak orang.

Para introvert juga menilai bahwa interaksi empat mata lebih berkualitas daripada ngumpul dengan banyak orang.

Bagi Anda yang memiliki kecenderungan pribadi ke arah introvert maka perlu diketahui bahwa introvert bukanlah sebuah penyakit, jadi jangan minder

Yang perlu Anda lakukan adalah FOKUS untuk pengembangan diri Anda.

Jika ada orang yang mencela kepribadian Anda, maka abaikan saja dan jangan didengarkan, sebaiknya Anda fokus pada diri sendiri.

Bill Gates
Gambar Foto : Bill Gates
Diatas adalah foto Bill Gates, yang merupakan pendiri perusahaan Microsoft dan salah satu orang terkaya di dunia, ternyata dia seorang Introvert.

Bill Gates dapat dengan baik memanfaatkan kepribadian introvertnya. Bahkan dirinya meyakini bahwa orang introvert maupun ekstrovert mempunyai keahlian unik masing-masing dari kemampuan alami mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktivitas Work From Home (WFH) dan Learning From Home (LFH) di Masa Pandemi COVID-19

Tagar #dirumahaja yang marak digunakan dimasa pandemi COVID-19 ini bertujuan agar orang-orang tetap beraktivitas dirumah demi memutus rantai penyebaran COVID-19 yang semakin terus meningkat disetiap harinya. Hal ini membuat para pekerja dan siswa ataupun mahasiswa harus melakukan kegiatan mereka dari rumah secara online , yang sekarang orang-orang menyebutnya dengan istilah Work From Home (WFH) dan Learni n g From Home (LFH). Rupanya banyak sekali aktivitas yang dilakukan selama WFH dan LFH ini. Hal baiknya, saya sebagai mahasiswa semakin memiliki banyak waktu yang berkualitas di rumah karena adanya kebijakan kebijakan WFH dan LFH. Waktu ini saya gunakan untuk mengisi kegiatan yang positif juga untuk menghilangkan rasa bosan yang terus melanda hingga stress karena dikurungnya dirumah. Nah berikut ini aktivitas yang bisa kalian contoh selama berada dirumah disaat pandemi Olahraga. Kondisi kesehatan sangat dibutuhkan di saat seperti ini. Dengan melakukan olahraga memb

Gejala Demam Berdarah dan Penyebab

Demam berdarah (disebut juga dengan demam dengue) menyebabkan suhu tubuh penderitanya menjadi sangat tinggi. Demam berdarah salah satunya ditandai dengan rendahnya kadar trombosit atau keping-keping darah dalam tubuh manusia. Dimana virus penyebab demam berdarah menyerang bagian sumsum tulang belakang. Pembentukan trombosit dihasilkan dari sumsum tulang ini. Kadar trombosit pada penderita demam berdarah umumnya kurang dari 100.000. Adapun kadar trombosit normal dalam tubuh manusia adalah 150.000-400.000 trombosit per mikro-liter darah. Rendahnya kadar trombosit ini mengakibatkan darah di dalam tubuh tidak mampu mempertahankan tingkat kekentalan normal, hal ini bisa sangat berbahaya. Gejala Demam Berdarah Demam berdarah disertai gejala seperti: Sakit kepala Suhu tubuh tinggi, bisa mencapai 41 derajat celcius (demam) Kehilangan nafsu makan ekstrem (bahkan terkadang tidak mau makan sama sekali) Sakit tenggorokan Nyeri sendi, otot, dan tulang Nyeri di bagian belaka

Mahasiswa UNIPDU Jombang Beri Penguatan Digital Marketing pada UKM Frozen Food untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Adapun pelaksanaan KPM Unipdu pada masa pandemi saat ini dilakukan secara mandiri yang mana setiap mahasiswa bisa menciptakan produk-produk yang dapat dimanfaatkan atau melakukan pendampingan, penguatan serta mengedukasi masyarakat. Melalui kegiatan KPM ini, mahasiswa Unipdu atas nama Aini Nur Izzatillah dari Prodi Sistem Informasi Fakultas Saintek melaksanakan KPM Mandiri di Desa Mojokrapak Tembelang Jombang. Model KPM Mandiri yang pilih yaitu KPM Mandiri Inisiatif Mahasiswa (KPM-MIM) Unipdu yang merupakan bentuk kuliah pengabdian masyarakat dimana program kegiatan, waktu, dan volume pelaksanaannya didasarkan pada kegiatan yang disusun oleh mahasiswa itu sendiri dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Diema Hernyka Satyareni, S.Kom, M.Kom. Salah satu program kegiatan KPM-MIM Unipdu yang dilakukan yaitu Penguatan Digital Marketing pada UKM Frozen Food untuk Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi. Sebagai langkah awal, mahasiswa melakukan kunjungan pada hari Selasa 25 Agu