Mahasiswa UNIPDU Jombang Beri Penguatan Digital Marketing pada UKM Frozen Food untuk Meningkatkan Omset Penjualan
Adapun pelaksanaan KPM Unipdu pada masa pandemi saat ini dilakukan secara mandiri yang mana setiap mahasiswa bisa menciptakan produk-produk yang dapat dimanfaatkan atau melakukan pendampingan, penguatan serta mengedukasi masyarakat.
Melalui kegiatan KPM ini, mahasiswa Unipdu atas nama Aini Nur Izzatillah dari Prodi Sistem Informasi Fakultas Saintek melaksanakan KPM Mandiri di Desa Mojokrapak Tembelang Jombang. Model KPM Mandiri yang pilih yaitu KPM Mandiri Inisiatif Mahasiswa (KPM-MIM) Unipdu yang merupakan bentuk kuliah pengabdian masyarakat dimana program kegiatan, waktu, dan volume pelaksanaannya didasarkan pada kegiatan yang disusun oleh mahasiswa itu sendiri dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Diema Hernyka Satyareni, S.Kom, M.Kom.
Salah satu program kegiatan KPM-MIM Unipdu yang dilakukan yaitu Penguatan Digital Marketing pada UKM Frozen Food untuk Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi. Sebagai langkah awal, mahasiswa melakukan kunjungan pada hari Selasa 25 Agustus 2020 ke tempat usaha Frozen Food bernama 'Dira Jladren' milik Ibu Sunikah bertempat di Dsn. Ngledok, Ds. Mojokrapak Tembelang Jombang.
Beliau memiliki usaha sejenis frozen food dan menjual produk- produk tersebut dirumahnya sendiri. Hal yang menjadi permasalahan pada UKM ini ada pada pemasarannya. Cara pemasarannya masih dilakukan secara manual yaitu dari mulut ke mulut, beliau juga dibantu oleh anaknya untuk promosi penjualan yang hanya lewat Whatsapp dan Facebook. Dan karena masih dalam masa pandemi, dalam waktu yang singkat pola pemasaran pun juga berubah semenjak adanya social distancing.
Langkah kedua yang dilakukan pada kegiatan ini yaitu dengan memberikan arahan untuk menggunakan digital marketing menggunakan media sosial Instagram. Tujuannya agar usaha milik Ibu Sunikah bisa dikenal oleh publik, juga sebagai sarana komunikasi dengan pelanggannya, serta untuk meningkatkan omset penjualan. Hal lain yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat feed yang menarik kemudian secara konsisten melakukan promosi menggunakan media sosial whatsapp, facebook, Instagram yang nantinya akan bisa meluas ke publik.
Akun Instagram yang sudah dibuatkan khusus untuk usaha ini dapat di lihat di @dirajladren dan Facebook Flafaula. Upaya yang dilakukan pada program kegiatan ini mendapat respon yang baik dari pemilik usaha Ibu Sunikah, beliau mengatakan dengan adanya digital marketing dapat menarik minat pelanggan serta dapat meningkatkan omset jual. Dan diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memberikan motivasi bagi pelaku usaha lainnya untuk melakukan digital marketing dalam pemasaran produk atau jasa yang dimiliknya.
#KPMandiriUnipdu2020 :" Penguatan Digital Marketing pada UKM Frozen Food untuk Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi_Aini Nur Izzatillah_4117045_SI/Saintek"
#KPMMandiriUnipdu2020
#UNIPDUJombang
Komentar
Posting Komentar