Langsung ke konten utama

Mahasiswa UNIPDU Jombang Beri Penguatan Digital Marketing pada UKM Frozen Food untuk Meningkatkan Omset Penjualan

dokumen pribadi


Adapun pelaksanaan KPM Unipdu pada masa pandemi saat ini dilakukan secara mandiri yang mana setiap mahasiswa bisa menciptakan produk-produk yang dapat dimanfaatkan atau melakukan pendampingan, penguatan serta mengedukasi masyarakat.

Melalui kegiatan KPM ini, mahasiswa Unipdu atas nama Aini Nur Izzatillah dari Prodi Sistem Informasi Fakultas Saintek melaksanakan KPM Mandiri di Desa Mojokrapak Tembelang Jombang. Model KPM Mandiri yang pilih yaitu KPM Mandiri Inisiatif Mahasiswa (KPM-MIM) Unipdu yang merupakan bentuk kuliah pengabdian masyarakat dimana program kegiatan, waktu, dan volume pelaksanaannya didasarkan pada kegiatan yang disusun oleh mahasiswa itu sendiri dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Diema Hernyka Satyareni, S.Kom, M.Kom.

Salah satu program kegiatan KPM-MIM Unipdu yang dilakukan yaitu Penguatan Digital Marketing pada UKM Frozen Food untuk Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi. Sebagai langkah awal, mahasiswa melakukan kunjungan pada hari Selasa 25 Agustus 2020 ke tempat usaha Frozen Food bernama 'Dira Jladren' milik Ibu Sunikah bertempat di Dsn. Ngledok, Ds. Mojokrapak Tembelang Jombang. 

Beliau memiliki usaha sejenis frozen food dan menjual produk- produk tersebut dirumahnya sendiri. Hal yang menjadi permasalahan pada UKM ini ada pada pemasarannya. Cara pemasarannya masih dilakukan secara manual yaitu dari mulut ke mulut, beliau juga dibantu oleh anaknya untuk promosi penjualan yang hanya lewat Whatsapp dan Facebook. Dan karena masih dalam masa pandemi, dalam waktu yang singkat pola pemasaran pun juga berubah semenjak adanya social distancing.

Langkah kedua yang dilakukan pada kegiatan ini yaitu dengan memberikan arahan untuk menggunakan digital marketing menggunakan media sosial Instagram. Tujuannya agar usaha milik Ibu Sunikah bisa dikenal oleh publik, juga sebagai sarana komunikasi dengan pelanggannya, serta untuk meningkatkan omset penjualan. Hal lain yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat feed yang menarik kemudian secara konsisten melakukan promosi menggunakan media sosial whatsapp, facebook, Instagram yang nantinya akan bisa meluas ke publik. 

Akun Instagram yang sudah dibuatkan khusus untuk usaha ini dapat di lihat di @dirajladren dan Facebook Flafaula. Upaya yang dilakukan pada program kegiatan ini mendapat respon yang baik dari pemilik usaha Ibu Sunikah, beliau mengatakan dengan adanya digital marketing dapat menarik minat pelanggan serta dapat meningkatkan omset jual. Dan diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memberikan motivasi bagi pelaku usaha lainnya untuk melakukan digital marketing dalam pemasaran produk atau jasa yang dimiliknya.


#KPMandiriUnipdu2020 :" Penguatan Digital Marketing pada UKM Frozen Food untuk Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi_Aini Nur Izzatillah_4117045_SI/Saintek"
#KPMMandiriUnipdu2020
#UNIPDUJombang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktivitas Work From Home (WFH) dan Learning From Home (LFH) di Masa Pandemi COVID-19

Tagar #dirumahaja yang marak digunakan dimasa pandemi COVID-19 ini bertujuan agar orang-orang tetap beraktivitas dirumah demi memutus rantai penyebaran COVID-19 yang semakin terus meningkat disetiap harinya. Hal ini membuat para pekerja dan siswa ataupun mahasiswa harus melakukan kegiatan mereka dari rumah secara online , yang sekarang orang-orang menyebutnya dengan istilah Work From Home (WFH) dan Learni n g From Home (LFH). Rupanya banyak sekali aktivitas yang dilakukan selama WFH dan LFH ini. Hal baiknya, saya sebagai mahasiswa semakin memiliki banyak waktu yang berkualitas di rumah karena adanya kebijakan kebijakan WFH dan LFH. Waktu ini saya gunakan untuk mengisi kegiatan yang positif juga untuk menghilangkan rasa bosan yang terus melanda hingga stress karena dikurungnya dirumah. Nah berikut ini aktivitas yang bisa kalian contoh selama berada dirumah disaat pandemi Olahraga. Kondisi kesehatan sangat dibutuhkan di saat seperti ini. Dengan melakukan olahraga memb

Gejala Demam Berdarah dan Penyebab

Demam berdarah (disebut juga dengan demam dengue) menyebabkan suhu tubuh penderitanya menjadi sangat tinggi. Demam berdarah salah satunya ditandai dengan rendahnya kadar trombosit atau keping-keping darah dalam tubuh manusia. Dimana virus penyebab demam berdarah menyerang bagian sumsum tulang belakang. Pembentukan trombosit dihasilkan dari sumsum tulang ini. Kadar trombosit pada penderita demam berdarah umumnya kurang dari 100.000. Adapun kadar trombosit normal dalam tubuh manusia adalah 150.000-400.000 trombosit per mikro-liter darah. Rendahnya kadar trombosit ini mengakibatkan darah di dalam tubuh tidak mampu mempertahankan tingkat kekentalan normal, hal ini bisa sangat berbahaya. Gejala Demam Berdarah Demam berdarah disertai gejala seperti: Sakit kepala Suhu tubuh tinggi, bisa mencapai 41 derajat celcius (demam) Kehilangan nafsu makan ekstrem (bahkan terkadang tidak mau makan sama sekali) Sakit tenggorokan Nyeri sendi, otot, dan tulang Nyeri di bagian belaka

JURNAL [Analisis Kepuasan Pengguna Mobile Learning (MOLEN) Menggunakan Metode EUCS di Unipdu Jombang]

Analisis Kepuasan Pengguna Mobile Learning (MOLEN) Menggunakan Metode EUCS di Unipdu Jombang Aini Nur Izzatillah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang Email : ainiizzaa99@gmail.com Abstrak - Sejak adanya pandemi COVID-19 di negara Indonesia, berbagai cara dan upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menghindari terjadinya penyebaran virus Corona yang berkepanjangan di tanah air kita. Pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu upaya atau cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah. Penerapan Mobile Learning pada saat ini terbukti tidak hanya menjadi trend di dunia pendidikan . Mobile Lea r ning merupakan salah satu sistem pembelajaran online yang dimiliki oleh Unipdu Jombang. Mobile L e a r ning menjadi suatu kebutuhan yang mendukung terselenggaranya pembelajaran online dan memungkinkan kegiatan pembelajaran kapanpun dan dimanapun guna memudahkan mahasiswa dalam proses pembelajaran secara online . End User Computing Satisfaction (EUCS) adalah metode ya