Langsung ke konten utama

INTERNET OF THING DETEKSI KEBOCORAN GAS (ISO BUTANA)


MAKALAH INTERNET OF THINGS (IOT)
DETEKSI KEBOCORAN GAS PADA LPG
(ISO BUTANA)

  
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester
Mata Kuliah Pegembangan dan Implementasi Sistem
Dosen Pengampu :
Endang Kurniawan, S.Kom., M.M., M.Kok., CEH., CHFI.,CIPM.

 
Dibuat Oleh :
Aini Nur Izzatillah        (4117045)

PRODI SISTEM INFORMASI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM
JOMBANG
2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur terpanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan rahmat-Nyalah saya akhirnya dapat menyelesaikan tugas UAS mata kuliah Pengembangan dan Implementasi Sistem yang berjudul “Makalah Internet of Thing (IoT) Deteksi Kebocoran Gas Pada LPG (Iso Butana)” ini dengan baik tepat pada waktunya.
Tidak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen pengampu, bapak Endang Kurniawan, S.Kom., M.M., M.Kok., CEH., CHFI.,CIPM. yang telah memberikan banyak bimbingan serta masukan yang bermanfaat dalam proses penyusunan makalah ini.
Meskipun sudah mengumpulkan banyak referensi untuk menunjang penyusunan dalam pembuatan makalah ini, penulis menyadari masih terdapat banyak kesalahan serta kekurangan. Sehingga penulis mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca demi tersusunnya makalah lain yang lebih baik lagi. Akhir kata, saya berharap agar makalah ini dapat memberikan banyak manfaat bagi pembaca agar dapat memberi pengetahuan yang banyak lagi.


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..........................................................................................
DAFTAR ISI........................................................................................................
LATAR BELAKANG.........................................................................................
STUDI LITERATUR ..........................................................................................
TINJAUAN PUSTAKA.......................................................................................
A.    LPG (Liquefied Petroleum Gas)...............................................................
B.     Internet of Thing (IoT)..............................................................................
C.     MQ-6.........................................................................................................
D.    Fuzzy.........................................................................................................
E.     Arduino Uno.............................................................................................
METODOLOGI PENYUSUNAN LAPORAN..................................................
F.      Metode Perancangan.................................................................................
G.    Metode Implementasi................................................................................
HASIL..................................................................................................................
KESIMPULAN....................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................



LATAR BELAKANG
Internet merupakan sumber informasi dan komunikasi yang sangat popular dewasa ini. Komunikasi dengan benda dapat dilakukan melalui internet dikenal dengan nama Internet of Things(IoT) (David et al.2015). IoT pada era industry 4.0 merupakan revolusi internet, dimana manusia bisa ber-interkasi dengan mesin, demikian juga mesin dengan mesin bisa saling berkomunikasi (Al-fuqaha et al.2015).
Penggunaan gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) dikalangan masyarakat pada saat ini sudah semakin meluas, hal ini dikarenakan pemakaian gas elpiji yang sangat praktis dan mudah di dapat, namun dalam hal pemakaiannya juga perlu waspada dengan sistem keamanan yang handal. Dalam hal ini tidak lepas dengan bahaya kebocoran gas, oleh karena itu perlu dilakukan pengaman dengan pedeteksi kebocoran gas elpiji sejak dini. Telah banyak yang melakukan rancang bangun pendeteksi kebocoran gas yang dapat dideteksi dengan menggunakan: ESP8266(Roihanat al.2016),sensor gas MQ-2 (Erlansyah, 2014;Yanti, n.d.), MQ-7(Prakoso & Rakhmawati, 2018), MQ-8 (Isnaini, 2013), TGS2610 (Amalia & Aprilianto, n.d.), bahkan ada yang menggunkan robot hexapoda (Avrilyantama et al.2015), SMS (Widartoet al.2012), dan kombinasi darai MQ-2 dan SMS (Nasional et al. 2016;Joko & Nurul, 2013; Barovihet al.2016; Dewiet al. 2017; Soemarsono, et al. 2015; Saefullahet al.2012)
Pada penelitian ini, dirancang alat untuk mendeteksi kebocoran gas LPG yang terintegrasi suatu sistem menggunakan sensor MQ-6 berbasis Internet Of Things (IOT) dengan metode fuzzy kemudian di olah oleh Adriano.
Dari latar belakang yang telah di jelaskan, maka rumusan masalah yang akan diuraikan adalah Bagaimana perancangan sistem deteksi kebocoran LPG berbasis IOT. Tujuan yang akan dicapai adalah Mampu merancang dan membuat alat yang dapat mendeteksi kebocoran LPG yang terintegrasi suatu sistem menggunakan sensor mq-6 berbasis IOT


STUDI LITERATUR
Pemanfaatan teknologi untuk memonitoring kebocoran pada gas LPG telah berhasil dilakukan pada beberapa penelitian sebelumnya, dengan penggunaan sensor dan proses monitoring yang berbeda, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi dari bahayanya ledakan tabung gas. Setiap tahun kasus ledakan karena kebocoran gas elpiji selalu terjadi, bisa karena adanya percikan api yang disebabkan oleh perangkat elektronik yang masih menyala ataupun oleh pengguna secara tidak sengaja mengetahui adanya gas yang bocor. Oleh karena itu, diperlukan teknologi yang dapat memonitoring kebocoran gas LPG yang terintegrasi suatu sistem sehingga mampu mendeteksi adanya kebocoran gas. Pada penelitian ini yang menggunakan sensor mQ-6 untuk pendeteksi gas bocor dengan menggunakan android sebagai media informasinya. Gas yang bocor akan diterima oleh fuzzy dan kemudian diolah oleh Arduino Uno. Sistem ini akan otomatis mendeteksi kebocoran gas dengan menghidupkan alarm/buzzer sebagai peringatan dan memberikan notifikasi data kadar gas melalui email kepada pengguna LPG dan SMS berupa link maps/gps lokasi yang mengalami kebocoran gas kepada petugas.
Dalam upaya perlu dilakukan studi pustaka sebagai salah satu dari penerapan metode penelitian yang akan dilakukan. Beberapa Literature penelitian sebagai berikut :
1. Pada paper (Yozandra, 2017), menggunakan sensor MQ-2 untuk pendeteksian gas bocor dengan notifikasi buzzer. Namun, pengiriman datanya hanya melalui telegram yang tidak semua orang memilikinya.
2. Penelitian oleh Tias Harfiansyah Akbar (2010) Pendeteksi Kebocoran Tabung Gas Dengan Menggunakan Sensor Gas Figarro TGS 2610 Berbasis Mikrokontroler AT89S52. Peneliti menggunakan sensor gas Figarro TGS2610 menggunakan mikrokontroller AT89S52 dengan media LCD sebagai output.
3. Penelitian oleh Putra dkk (2017) yang menggunakan sensor mQ-6 untuk pendeteksi gas bocor yang menggunakan android sebagai media informasinya, namun pada penelitiannya tindak penanganan untuk kebocoran gas nya belum efektif.



TINJAUAN PUSTAKA
A.      LPG (Liquefied Petroleum Gas)
LPG (Liquefied Petroleum Gas) adalah gas hidrokarbon yang dicairkan dengan tekanan untuk memudahkan penyimpanan, pengangkutan, dan penanganannya yang pada dasarnya terdiri atas propana (C3H8), butana (C4H10), atau campuran keduanya. LPG digunakan sebagai pengganti freon, aerosol, bahan pendingin (refrigerant/cooling agent), kosmetika, dan bahan bakar.
B.       Internet of Thing (IoT)
Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet.
C.      MQ-6
MQ-6 yaitu Sebuah sensor yang bereaksi terhadap kadar gas LPG, iso-butana, propana dan LNG dalam udara. Modul ini memiliki keluaran data digital serta desain hardware minimalis yang akan memudahkan user untuk proses implementasinya. Sensor ini digunakan untuk aplikasi pendeteksian serta penanggulangan kebocoran gas pada lingkungan rumah tangga maupun industri.
D.      Fuzzy
Fuzzy adalah Sebuah peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Saat logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah biner (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran. Fuzzy Logic adalah ilmu yang mengkalibrasi ketidakjelasan (R.J Patil dkk, 2016).
E.       Arduino Uno
Arduino Uno adalah Board mikrokontroler berbasis ATmega328 (datasheet). Memiliki 14 pin input dari output digital  dimana 6 pin input tersebut dapat digunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset. Untuk mendukung mikrokontroler agar dapat digunakan, cukup hanya menghubungkan Board Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB atau listrik dengan AC yang-ke adaptor-DC atau baterai untuk menjalankannya. Uno berbeda dengan semua board sebelumnya dalam hal koneksi USB-to-serial yaitu menggunakan fitur Atmega8U2 yang diprogram sebagai konverter USB-to-serial berbeda dengan board sebelumnya yang menggunakan chip FTDI driver USB-to-serial.


METODOLOGI PENYUSUNAN LAPORAN
A.      Metode Perancangan
Metode perancangan penelitian ini dengan menggunakan aliran diagram Flowchart untuk perancangan alatnya dengan Diagram Blok. Tujuan metode ini untuk mengetahui bagaimana sistem itu dirancang dan alat apa sajayang dibutuhkan.
1. Diagram Flowchart

2. Diagram Blok


B.       Metode Implementasi
Dalam metode pengujian ini peneliti melakukan pengujian hasil rancangan yang sudah dibangun, hal ini dilakukan agar dapat diketahui apakah rancangan tersebut   sudah   berjalan   sesuai   dengan   ketentuan   yang diharapkan atau belum.


HASIL
Pada  penelitian  ini  hasil  yang  diharapkan  berupa  perancangan  alat  (hardware)  dan  juga softwaresistem pendeteksi kebocoran gas LPG berbasis Internet Of  Things (IOT) menggunakan sensor MQ-6, arduino  uno,  dan  juga  buzzer  yang  terintegrasi  suatu  sistem  serta  menghasilkan  data  di web  server yang telah disediakan untuk memonitoring persentase gas. Sistem  ini  akan  mempermudah  manusia  dalam  mendeteksi  kebocoran  gas  dari  jarak  jauh. Sistem   ini   akan menghidupkan buzzer sebagai peringatan dan memberikan notifikasi kepada server. Kemudian sistem  akan  menelpon  pemilik rumah jika ada gas bocor, namun  jika pemilik rumah  me-reject telepon maka  sistem akan  otomatis  menelpon petugas pemadam kebakaran. Jika petugas pemadam kebakaran mengangkat telpon, maka sistem akan menampilkan sms berupa link maps GPS lokasi.
Berikut ini skematik alat pendeteksi gas bocor


Dan gambar dibawah ini merupakan hasil prototype alat pendeteksi gas bocor


Diharapkan  dengan  adanya  sistem  ini  dapat  mempermudah  manusia  dalam  memonitoring dan mendeteksi kebocoran gas, serta dapat mengurangi terjadinya ledakan/kebakaran akibat kebocoran gas LPG yang tidak terdeteksi indera penciuman manusia.




KESIMPULAN
1.        Sensor MQ-6 merupakan sensor yang cocok dipakai sebagai pendeteksi kebocoran gas pada alat proteksi kebocoran gas LPG dikarenakan sensitif terhadap gas butana yang merupakan kandungan utama dari LPG.
2.        Penelitian ini merupakan studi awal sebelum melakukan pengujian pada alat pendeteksi kebocoran gas LPG  berbasis  IOT  menggunakan  sensor  MQ-6  dan  mikrokontroller  arduino  agar  mendapatkan  hasil yang sesuai harapan.  Sistem ini dirancang untuk membantu manusia  mendeteksi kebocoran  gas dari jarak  jauh  dengan  bantuan  internet  dan  terhubung  langsung  dengan  pihak  pelayanan  masyarakat (Pemadam Kebakaran) jika terdeteksi kebocoran gas yang dapat menyebabkan bahaya/kebakaran.
3.        Alat  yang  telah  dibuat  yaitu  alat  pendeteksi kadar gas dalam ruangan berbasis Arduino berhasil dengan baik.
4.        Alat ini dapat mengetahui dan memudahkan pengguna mengetahui terjadinya kebocoran pada tabung gas LPG.


DAFTAR PUSTAKA
1.        https://idcloudhost.com/mari-mengenal-apa-itu-internet-thing-iot/
2.        Yozi Yozandra, 2017. Rancang Bangun Alat Pendeteksi KebocoranGas Menggunakan Arduino Dengan NotifikasiBuzzer Dan Telegram. Politeknik Negeri Padang.
3.        M. Bagus, B. Timur. A. Wajiansyah, and D. Nurcahyono, 2017. Penerapan Fuzzy Logic pada Behavior Based Control ( BBC ) pada Robot Quadpod, JUST TI, vol. 9, pp. 83–89.
4.        https://id.wikipedia.org/wiki/Logika_fuzzy
5.        Widyanto, Deni Erlansyah. 2014. Rancang Bangun Alat Deteksi Kebocoran Tabung Gas Elpiji Berbasis Arduino. Palembang: Universitas Bina Darma Palembang.
6.        Rossy Rosdian Abdullah, Agung Wibowo, 2014. Monitoring Suhu Ruangan Server Dengan Fuzzy LogicMetode Sugeno Menggunakan Arduino Dan Sms Studi kasus: PT. Glostar Indonesia, SWABUMI. vol 1(1), pp. 1-2


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aktivitas Work From Home (WFH) dan Learning From Home (LFH) di Masa Pandemi COVID-19

Tagar #dirumahaja yang marak digunakan dimasa pandemi COVID-19 ini bertujuan agar orang-orang tetap beraktivitas dirumah demi memutus rantai penyebaran COVID-19 yang semakin terus meningkat disetiap harinya. Hal ini membuat para pekerja dan siswa ataupun mahasiswa harus melakukan kegiatan mereka dari rumah secara online , yang sekarang orang-orang menyebutnya dengan istilah Work From Home (WFH) dan Learni n g From Home (LFH). Rupanya banyak sekali aktivitas yang dilakukan selama WFH dan LFH ini. Hal baiknya, saya sebagai mahasiswa semakin memiliki banyak waktu yang berkualitas di rumah karena adanya kebijakan kebijakan WFH dan LFH. Waktu ini saya gunakan untuk mengisi kegiatan yang positif juga untuk menghilangkan rasa bosan yang terus melanda hingga stress karena dikurungnya dirumah. Nah berikut ini aktivitas yang bisa kalian contoh selama berada dirumah disaat pandemi Olahraga. Kondisi kesehatan sangat dibutuhkan di saat seperti ini. Dengan melakukan olahraga memb

Gejala Demam Berdarah dan Penyebab

Demam berdarah (disebut juga dengan demam dengue) menyebabkan suhu tubuh penderitanya menjadi sangat tinggi. Demam berdarah salah satunya ditandai dengan rendahnya kadar trombosit atau keping-keping darah dalam tubuh manusia. Dimana virus penyebab demam berdarah menyerang bagian sumsum tulang belakang. Pembentukan trombosit dihasilkan dari sumsum tulang ini. Kadar trombosit pada penderita demam berdarah umumnya kurang dari 100.000. Adapun kadar trombosit normal dalam tubuh manusia adalah 150.000-400.000 trombosit per mikro-liter darah. Rendahnya kadar trombosit ini mengakibatkan darah di dalam tubuh tidak mampu mempertahankan tingkat kekentalan normal, hal ini bisa sangat berbahaya. Gejala Demam Berdarah Demam berdarah disertai gejala seperti: Sakit kepala Suhu tubuh tinggi, bisa mencapai 41 derajat celcius (demam) Kehilangan nafsu makan ekstrem (bahkan terkadang tidak mau makan sama sekali) Sakit tenggorokan Nyeri sendi, otot, dan tulang Nyeri di bagian belaka

Mahasiswa UNIPDU Jombang Beri Penguatan Digital Marketing pada UKM Frozen Food untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Adapun pelaksanaan KPM Unipdu pada masa pandemi saat ini dilakukan secara mandiri yang mana setiap mahasiswa bisa menciptakan produk-produk yang dapat dimanfaatkan atau melakukan pendampingan, penguatan serta mengedukasi masyarakat. Melalui kegiatan KPM ini, mahasiswa Unipdu atas nama Aini Nur Izzatillah dari Prodi Sistem Informasi Fakultas Saintek melaksanakan KPM Mandiri di Desa Mojokrapak Tembelang Jombang. Model KPM Mandiri yang pilih yaitu KPM Mandiri Inisiatif Mahasiswa (KPM-MIM) Unipdu yang merupakan bentuk kuliah pengabdian masyarakat dimana program kegiatan, waktu, dan volume pelaksanaannya didasarkan pada kegiatan yang disusun oleh mahasiswa itu sendiri dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Diema Hernyka Satyareni, S.Kom, M.Kom. Salah satu program kegiatan KPM-MIM Unipdu yang dilakukan yaitu Penguatan Digital Marketing pada UKM Frozen Food untuk Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi. Sebagai langkah awal, mahasiswa melakukan kunjungan pada hari Selasa 25 Agu